Apakah RSS? dan Untuk apa?


Inilah pertanyaan yang biasa muncul di benak seseorang yang baru mengenal RSS, termasuk juga saya pada awalnya. Meskipun sudah sangat akrab dengan beragam variasi desain RSS button yang sering saya jumpai saat blogwalking, namun dulu saya masih belum mengerti juga apa itu RSS dan untuk apa? Karena itulah akan saya beberkan sedikit penjelasan mengenai RSS khusus bagi Anda yang belum begitu paham tentangnya.

Definisi dan Fungsi RSS

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit Anda secara otomatis. Misalkan Anda sangat menyukai blog ini (cuma contoh lho!), maka dengan mendaftarkan diri di RSS saya Anda akan memperoleh artikel-artikel terbaru setiap kali saya meng-update blog ini.

Dulu, pengguna internet yang tidak mau ketinggalan update terbaru dari situs-situs favoritnya harus mem-bookmark situs-situs tersebut di browser komputer kemudian mengeceknya secara teratur dan berkala untuk mengetahui apakah ada artikel terbaru yang ditambahkan. Kalau saat ia mengecek situs tersebut sudah di-update tentu bagus sekali. Tapi bagaimana kalau saat dicek ternyata situs itu belum juga di-update? Atau bagaimana kalau entah karena alasan apa Anda lupa mengeceknya?

Itulah sebabnya Anda butuh RSS. Dengan mendaftarkan diri di RSS situs favorit, Anda tidak akan ketinggalan update terbaru karena salinannya akan dikirimkan langsung ke Anda. Secara sederhana fungsi RSS ini dapat dianalogikan sebagai loper koran. Jika isi situs adalah koran dan Anda adalah pembaca koran, maka RSS adalah loper koran yang akan mengirimkan koran tersebut kepada Anda. Tentu saja sebelumnya Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu agar tercatat sebagai pelanggan koran tersebut.

Bagaimana Cara Menggunakan RSS?

Untuk menggunakan RSS caranya sangat mudah. Saya yakin Anda pasti sudah sering melihat RSS button berwarna oranye seperti yang menjadi background widget sidebar paling atas blog ini. Variasi RSS button sudah semakin banyak, tapi Anda akan melihat ciri khas yang sama berupa dua garis lengkung dan bulatan putih. Atau Anda pasti juga sudah sering menjumpai link yang berbunyi “Dapatkan artikel terbaru blog ini via RSS feed!” atau sejenis itu seperti yang saya cantumkan di bagian sidebar paling atas blog ini.

Nah, untuk berlangganan RSS situs/blog favorit Anda, cukup klik RSS button atau link yang terdapat di halaman situs/blog tersebut. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman “Current Feed Content” (kalau RSS yang digunakan adalah FeedBurner). Di halaman ini terdapat banyak pilihan RSS Reader, Anda tinggal memilih mana yang dikehendaki. Sebaiknya gunakan yang paling familiar bagi Anda karena akan lebih mudah penggunaannya, misalnya Add to Google atau My Yahoo!.

Kita ambil contoh Anda ingin menggunakan layanan Google, maka klik tombol “Add to Google” dan Anda akan dibawa ke halaman Add to Google. Di sini Anda akan diberi dua pilihan di mana Anda mau menerima feed, Google Homepage atau Google Reader? Untuk menerima feed di Google Homepage silakan klik tombol “Add to Google Homepage”, dan untuk menerima feed di Google Reader klik tombol “Add to Google Reader”. Kalau Anda mendaftarkan diri ke banyak situs, sebaiknya pilih Google Homepage agar feed semua situs tersebut ditampilkan di halaman iGoogle Anda.

Bagi yang ingin menggunakan layanan Yahoo!, klik tombol “My Yahoo!” dan pilih “Subscribe”. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman My Yahoo!. Akhiri dengan mengklik tombol “Add to Yahoo!”. Selesai.

Mau Langganan Langsung lewat Email?

Ini cara paling gampang untuk berlangganan artikel terbaru dari situs/blog favorit Anda. Hampir sama dengan cara mendaftar RSS Reader, pertama-tama klik RSS button di blog/situs yang ingin Anda subscribe. Lalu pilih “Get delivered by email”. Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman “Email Subscription Request”. Isikan alamat email Anda dan huruf anti spam di kolom yang disediakan, kemudian klik tombol “Complete Subscription Request”. Beberapa saat kemudian FeedBurner akan mengirim email verifikasi ke alamat email yang Anda masukkan tadi. Buka email tersebut dan klik link verifikasi yang disertakan. Selesai.

Kini banyak situs/blog yang menyediakan form atau link khusus untuk mempermudah pembacanya melakukan pendaftaran RSS lewat email. Anda cukup mengklik link tersebut dan selanjutnya akan dibawa ke halaman “Email Subscription Request” untuk memasukkan huruf anti spam. Setelah itu klik tombol “Complete Subscription Request” dan tunggu email verifikasi dari FeedBurner. Begitu email tersebut masuk ke mailbox Anda, buka dan klik link verifikasi di dalamnya. Beres deh.

Inilah sedikit penjelasan tentang RSS dari saya. Semoga penjelasan ini bermanfaat bagi Anda yang ingin memahami apa itu RSS dan untuk apa kegunaannya. Bila Anda mempunyai blog dan ingin meningkatkan jumlah subscriber RSS blog Anda, sebaiknya buatlah penjelasan singkat mengenai RSS di blog tersebut. Atau kalau merasa kesulitan membuatnya, Anda dapat menggunakan halaman ini sebagai tautan. Caranya cukup dengan meletakkan link menuju ke halaman ini di blog Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: