Serba Serbi Blog


Sebelum membuat blog ada beberapa hal yang mesti diketahui, yang akan membuat kita lebih nyaman dan terfokus dalam membuat sebuah blog. adapun bebera hal tersebut adalah :

JENIS BLOG

Blog dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu Personal Blog dan Corporate Blog.

1. Personal Blog

Personal blog adalah blog yang dibuat oleh personal. Umumnya blog yang ada di internet adalah personal blog.

2. Corporate Blog

Blog yang dibuat untuk keperluan perusahaan. Corporate blog biasanya digunakan untuk 2 keperluan, yaitu untuk keperluan internal seperti untuk keperluan komunikasi atau budaya perusahaan; dan untuk keperluan eksternal seperti marketing, branding, public relation.

MACAM-MACAM BLOG

1.      Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).

2.      Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.

3.      Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.

4.      Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.

5.      Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).

6.      Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.

7.      Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

8.      Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).

9.      Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi

10.  Blog agama: Membahas tentang agama

11.  Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

12.  Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.

13.  Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.

14.  Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka

15.  Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing

16.  Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

BEBERAPA PERTANYAAN SEBELUM MEMBUAT BLOG

Apakah Blog cocok untuk aku ?

1. Apakah Anda suka menulis ?

Membangun blog berarti Anda harus rajin menulis article. Apabila Anda tidak suka menulis berarti Anda kemungkinan besar tidak akan suka blogging.

2. Apakah gaya komunikasi Anda lebih baik dalam menulis atau berbicara ?
Manusia rata-rata mempunyai kesukaan dalam berkomunikasi, ada yang nyaman dengan berbicara dan ada yang lebih nyaman untuk menulis. Jika Anda termasuk yang suka menulis, blog sangat cocok untuk Anda. Jika Anda suka berbicara, Anda akan menyukai Podcasting, atau Anda dapat menggunakan fasilitas blog dengan mengupload video, dsb

3. Apakah Anda termasuk orang yang disiplin ?

Menjadi blogger, berarti Anda harus rajin menulis artikel. Apalagi jika Anda ingin blog Anda dikenal masyarakat, Anda harus rajin mengupdate blog Anda. Jika Anda tidak rajin, orang akan bosan dengan blog Anda.

4. Apakah Anda tahan malu ?

Menulis blog berarti membiarkan masyarakat dunia tahu cara berpikir Anda, gaya Anda dan sebagainya. Ada yang menyukai dan tentu saja ada yang tidak suka. Anda harus tahan malu jika dikritik oleh mereka yang tidak suka akan blog Anda.

5. Apakah Anda seseorang yang suka belajar ?

Artinya Anda harus rajin belajar untuk mengupdate pengetahuan Anda dan untuk men-share hal tersebut ke masyarakat.

6. Apakah Anda menyukai ‘hubungan virtual’ ?

Mempunyai blog, akan membentuk suatu komunitas dunia maya, dimana orang memberikan komentar,pendapat terhadap blog Anda, tanpa Anda ketahui fisik orang tersebut. Jika Anda enjoy terhadap situasi ini, maka Anda akan tidak akan menemui kesulitan dalam dunia blog.

7. Apakah Anda pekerja keras ?

Jika Anda ingin membangun blog yang sukses, Anda perlu bekerja keras untuk mengiklankan blog Anda. Tidak ada istilah blog akan sukses tanpa bersusah-payah. Untuk membangun blog yang sukses diperlukan waktu, bukan pekerjaan semalam.

TIPS MENYUSUN BLOG

Bagaimana membuat desain blog yang baik ?

1. Isi blog harus menjadi yang utama.

Orang datang ke blog Anda untuk mendapatkan informasi, memberikan pendapat dan sebagainya. Jadi Anda harus menekankan pada isi untuk menarik pengunjung. Desain blog sebaiknya sederhana.

2. Navigasi

Pengunjung umumnya datang ke blog Anda bukan dari halaman utama, tapi dari salah satu tulisan yang ada, melalui search engine, link dari blog yang lain, RSS feed, dan lainnya. Karenanya sangat penting jika Anda bisa memberikan navigasi kepada artikel lain dalam blog Anda. Atau Anda bisa menggunakan menu Recent Post, Popular Post, dan lainnya.

3. Waktu yang cepat untuk upload

Jika orang tertarik dengan artikel Anda dan ingin membacanya, tapi untuk membuka blog Anda diperlukan waktu upload yang lama, maka orang tersebut secara tidak segan-segan akan membatalkan ketertarikannya untuk membuka blog Anda. Karenanya adalah bijaksana untuk tidak menggunakan terlalu banyak widget yang akan membuat loading blog Anda menjadi berat.

4. Mudah diingat oleh pengunjung

Anda harus membuat blog yang unik dan berbeda dengan blog yang lain untuk membuat orang ingat akan blog Anda. Sebaiknya Anda menggunakan theme atau latar belakang yang unik, yang bisa Anda modifikasi sendiri.

5. Dapat diakses oleh bermacam-macam browser.

Rata-rata orang menggunakan browser yang berbeda-beda saat menggunakan internet. Blog Anda harus dapat dibuka oleh berbagai browser. Dalam membuat sesuatu, tentunya perlu ada pengukuran akan kesuksesannya. Begitu juga dengan blog. Blog dikatakan sukses jika :

1. Banyak Komentar

Suatu tulisan bisa dikatakan sukses jika banyak komentar yang menanggapi tulisan tersebut. Biasanya komentar-komentar ini akan membangun suatu komuniti.

2. Unique Visitor

Apakah jika tidak ada komentar, maka tulisan itu dikatakan tidak sukses ? Tidak juga. Ada beberapa tulisan yang informatif yang tidak memerlukan banyak komentar untuk mengindikasikan bahwa tulisan itu sukses. Kita bisa melihatnya secara ‘back door’ melalui banyaknya unique visitor. Unique visitor adalah pengunjung unik yang datang ke blog kita. Biasanya ada software tertentu yang memberikan informasi mengenai statistik unique visotor blog kita.

Bagaimana supaya blog kita sukses ?

1. Gunakan keyword

Agar blog kita dapat dibaca oleh search engine, gunakan kata-kata yang tepat yang akan dipakai oleh orang untuk mencari, misalnya definisi blog, bisnis batik, kerja di singapore, dan lainnya.

2. Rajin untuk menge-post artikel

Anda harus rajin mengupdate blog Anda dengan artikel baru, dan item baru lainnya, sehingga para pengunjung tidak bosan untuk mampir ke blog Anda dan Anda bisa menciptakan pengunjung yang setia.

3. Kriteria Artikel

Banyak pendapat mengenai jumlah karakter dalam blog. Ada yang berpendapat artikel yang baik adalah yang berjumlah sekitar 500 karakter. Ada yang berpendapat 1000 karakter, bahkan ada yang berpendapat 5000 karakter. Artikel yang baik adalah yang memberi informasi dan tidak membosankan.

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para blogger berdasarkan kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan hobi, dan sebagainya. Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Beberapa jenis komunitas blogger adalah Komunitas Blogger Daerah, yaitu Komunitas Blogger berdasarkan kedaerahan atau wilayah tertentu, Komunitas Blogger Non-Daerah, yang biasanya terbentuk karena kesamaan hobi atau yang lainnya, dan Komunitas Blogger Kampus.

Budaya Populer

Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di Internet Dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi Internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas dimana para blogger meninggalkan link di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar. Beberapa blogger kini bahkan telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan utama. Sehingga kemudian muncullah istilah profesional blogger, atau problogger, orang yang menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog. Karena memang faktanya banyak chanel-chanel pendapatan dana baik berupa dolar maupun rupiah dari aktivitas ngeblog ini.

Resiko Kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi – blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Next Article : Apakah Anda Tertarik Membuat Blog

One Response to Serba Serbi Blog

  1. Pingback: Apakah Blog Itu ??? « teguhsatriya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: