Pengalaman dan Tips Mencari Provider GSM


Dulu setiap kali harus maen internet selalu ke warnet maupun memakai handphone, alhasil biaya ke warnet dan pulsa handphone membengkak. Akhirnya ku putuskan buat beli laptop walau dengan cara kredit. Setelah proses kredit selesai, akhirnya laptop hp jadi milikku.
Saat sudah punya laptop pengen maen internet aku kebingungan, mau pake apa buat koneksi internet?
Setelah tanya sana sini dengan segala kelebihan dan kekurangan akhirnya aku coba trial pake gsm modem.

Percobaan 1.
Kucoba pake kartu tree dengan paket internet murahnya 35 rb belum termasuk pajak. Walhasil cuma dapet kecepatan real 6kb/s untuk donwload dan 2kb/s untuk upload. Selain itu mendapat bonus speed yang naik turun sampai 0 kb/s, buat buka yahoo mail aja sudah putus-putus. Bisa dibayangin gimana rasa hati ini pake tree. Akhirnya cuma bertahan 1 hari kartu saya kasih ke temen karena jengkelnya.

Percobaan ke 2.
Saya coba pake axis lumayan masi dapat sinyal 3G walau cuma 2 bar max. Aku coba paket murah juga yang 35 ribu. Eh ternyata mengalami nasib yang hampir sama dengan saat pakai kartu tree. Tapi masih ada tambahan saat habis kuota malah motong pulsa utama,kebobolan lagi dah. Dua kali mengalami kecewa tapi belum patah harapan, akhirnya setelah 3 hari pakai axis ku putuskan ganti kartu lagi. Kartu axis kasih ke temen lagi.

Percobaan ke 3.
Setelah di uji secara teknik kuputuskan memakai xl dulu untuk test speed. beli lagi perdana n pulsa 100rb buat paket internet. Walhasil mentok di 12 kb/s untuk download dan 3 kb/s untuk upload. Cukup buat facebook tp macet buat poker hahaha. Ditempatku xl hanya dapat sinyal edge itu juga tak stabil. Max bar bisa dapat tapi sering naek turun yang berpengaruh ke speed internetku. Cukup lumayan juga. Tapi masalah mulai terjadi saat habis quotanya ternyata xl jadi lemot bin tak connect. Waduh mampus dah internetku. Pengen banting modem sayang akhirnya banting kartu aja dah.

Percobaan ke 4
Aku punya kartu simpati, iseng ku isi pulsa buat paket internet kucoba paket 100rb. Saat seting eh ternyata dicuekin sama mbak vero tak ada jawaban ato tanggapan samasekali. Yah apes dah. Gak jadi pake telkomsel akhirnya. Padahal sinyal telkomsel ditempatku masi lumayan dapat 3G n kadang sedikit HSDPA. Untung juga pulsaku utuh bisa buat telp keluarga dijawa.

Percobaan ke 5.
Stelah banyak mencoba akhirnya indosat m2 inside jadi pilihan terakhir. Dengan paket 100rb lumayan dapet speed max download 160 kb/s dan upload 72 kb/s. Tapi sayank karena quota yang cuma 500 Mb maka dlm waktu 3 hari sudah habis dan speedku terbantai di 6 kb/s buat download. Oh apes banget nasibku. Aku hanya bisa pasrah dan tersenyum sinis terhadap operator saat ini.

Dari pengalaman semua hal diatas tadi aku akhirnya dapat menyimpulkan:
1. Semakin murah maka speed semakin kecil dan lost signal semakin tinggi.
2. Pada kelas ekonomis semua provider pasti melakukan pembatasan yang sangat tidak menguntungkan kita.
3. Cari kekuatan signal terbaik didaerahmu sebelum memutuskan untuk pilih provider. Bisa dengan pinjem kartu tetangga ato sodara yang penting ada usaha.
4. Jika memang pengguna aktif internet dan pemakaian harian yang tinggi beralihlah minimum paket menengah yang sudah tidak dibatasi dengan quota lagi. Paket menengah tu antara 300 rb sampai 500 rb. Untuk paket termurah adalah xl dan termahal adalah sipidy. Sayang sinyal xl dimanapun sering gak stabil itu yang jadi kekurangan cukup fatal. Menurut pengalaman sinyal paling
stabil adalah indosat, tapi paling ribet urusan tariff

Demikian pengalaman pilih provider pake gsm mungkin ada pendapat yang laen silahkan tambahin donk! ! !
Juga pengen coba pake cdma ada yang bisa kasih saran ndak?

Recent Posts :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: