6 Jenis Penyakit Kronis Yang Menjangkiti Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia


Pegawai Negeri Sipil yang sejak lama dijargonkan sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat, ternyata tidak kebal akan serangan sebuah penyakit. Bahkan diindikasikan ada 6 (enam) jenis penyakit kronis yang menjangkiti sebagian PNS yang ada di bumi Indonesia. Apa saja ke enam penyakit tersebut? Anda boleh setuju, boleh tidak setuju, boleh merengut, juga boleh tertawa ?!

Pegawai Negeri Sipil atau lebih akrab disebut dengan PNS, adalah sebuah komunitas besar yang merupakan salah satu bagian dari bangsa ini. Komunitas ini menjadi salah satu pilar penting berjalannya kehidupan berbangsa dan bernegara, karena mereka adalah pegawai pemerintah untuk melayani kepentingan masyarakat disegala bidang.

Karena menjanjikan segenap gengsi tertentu, peluang kemakmuran, status social, dst maka menjadikan profesi menjadi PNS masih dicita-citakan oleh sebagian dari anak bangsa ini. Obsesi mendapat gaji bulanan yang tetap, karir yang terbuka, tunjangan yang menggoda, asuransi kesehatan yang menentramkan, dan dana pensiunan yang lumayan, maka profesi ini banyak diburu oleh para pencari kerja.

Cak SUEP, yang masih setia akan profesinya sebagai pemilik warung penjual aneka masakan ternyata mempunyai kesimpulan tersendiri terhadap perilaku PNS ini. Kesimpulan Cak SUEP bukan tak berdasar, namun layaknya sebuah research. (penelian sosial) data-data didapatkan dari pengamatan langsung bertahun-tahun terhadap para pembelinya yang memang mayoritas adalah PNS.

Dari hasil diskusi, ngobrol-ngobrol dengan para tamu PNSnya, mengamati gurauan-gurauan mereka, memperhatikan polah tingkah yang aneh-aneh lainnya, dll. Seolah sebagai data yang selanjutnya diolah dan dianalisis oleh Cak SUEP. Pada akhirnya didapatlah hasil kesimpulan Cak SUEP terkait 6 Jenis Penyakit Kronis Yang Menjangkiti Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia:

Ke enam Penyakit Kronis PNS Indonesia tersebut meliputi:

TBC  : Tidak Bisa Computer
Ya…..memang masih banyak juga PNS yang tidak bisa komputer, mklumlah mungkin stok manusia lama sehingga tidak akrab dengan komputer, apalagi internet semakin banyak yang tidak akrab dan menggunakanya.

Kram : Kurang Trampil
Masih banyak ditemukan personil PNS yang ketrampilannya melayani masyarakat dibidang tertentu kualitasnya rendah. Dari hasil penelitian mayorita guru ternyata tidak layak menjadi guru, dst.

Asam Urat : Asal sampai kantor uring-uringan Atau Tidur
Ya … karena gaji sudah pasti datang setiap bulan maka tidak sedikit yang berprinsip asal absen, asal setor muka, dll. Kadang tidak sedikit tidur pulas dikursi kerja. Atau mojok diruangan tertentu.

Kudis : Kurang Disiplin
Kalau PNS nya disiplin maka masyarakat akan disiplin pula, karena mereka juga salah satu panutan. Kedisiplinan bisa dilihat ketepatan jam masuk dan pulang, tidak jalan-jalan waktu jam kantor, tidak menggunakan mobil dinas untuk kepentingan pribadi, dll.

Asma  : Asal Mengisi Absen
Woi budaya yang menjadi trend sebagian personil, produk harian tidak jelas, masuk Ok tapi diakhir kerja banyak kerjaan yang tidak tersentuh.
Ginjal : Gaji Ingin Naik tapi kerjanya lamban
Seolah menjadi penyakit banyak manusia, gaji selalu ingin naik tapi produktifitas tidak jelas.

Nah, ada 6 jenis penyakit yang ditemukan Cak SUEP yang menjangkiti PNS Indonesia, apakah anda setuju? Yan humor ringan ini semoga tidak membuat anda yang PNS marah dst….. terus tersenyum wahai PNS. Layani bangsa ini dengan baik, jangan jual layananmu!!!

One Response to 6 Jenis Penyakit Kronis Yang Menjangkiti Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia

  1. Pingback: Alasan Utama Pemberlakuan Moratorium PNS » Latih Soal CPNS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: